PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal)

Tsani, Putri Aulia (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000257_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000257_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian dengan judul penegakan hukum terhadap tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak studi kasus di Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal memiliki tujuan untuk memecahkan permasalahan bagaimana upaya penegakan hukum Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal dalam tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak dan apa saja hambatan-hambatan dalam yang dihadapi Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal dalam perkara tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak serta solusi yang diberikan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis yang bertujuan untuk melihat secara langsung upaya yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak yang ada di Kabupaten Tegal. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan bahan hukum data primer dan sekunder dengan Teknik studi wawancara dan studi kepustakaan, yang diperoleh dalam proses penelitian di Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal. Jika seluruh data telah didapatkan akan dianalisis secara kualitatif atau lebih dikenal dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penegakan hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal dalam perkara tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak dengan memberikan tuntutan kepada pelaku yaitu menyatakan anak yang berhadapan dengan hukum bersalah melakukan tindak pidana melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan, atau membujuk anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam dakwaan melanggar Pasal 82 ayat (1) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-Undang Jo Pasal 76E UU RI No.35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Menjatuhkan pidana terhadap pelaku atau anak yang berhadapan dengan hukum berupa pidana penjara selama 4 (empat) tahun di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kutoarjo Kabupaten Purworejo dengan dikurangi selama anak berada dalam tahanan sementara dan dengan perintah anak tetap ditahan. Kata Kunci: Penegakan Hukum, Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:13
Last Modified: 18 Oct 2023 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31863

Actions (login required)

View Item View Item