ANALISA POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVAKO WORK ANALYSIS SYSTEM (OWAS) PADA PROSES PRODUKSI DI PT. RODA EMAS JAYA

ARWANI, YOGA (2023) ANALISA POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVAKO WORK ANALYSIS SYSTEM (OWAS) PADA PROSES PRODUKSI DI PT. RODA EMAS JAYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800097_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800097_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

PT. Roda emas jaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang vulkanisir ban bekas di mutikharjo yang murah dan terbaik serta berkualitas PT. Roda emas jaya melayani vulkanisir ban truk dan ban kendaraan bermotor. Ditemukan beberapa penyebab timbulnya keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs). Keluhan paling banyak ditemukan pada proses memeriksa ban, proses penghalusan ban dan proses pemasangan velg ban. Sehingga diperlukan tindakan yang tepat guna mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan analisa postur kerja terhadap keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) pada proses produksi dengan berpatokan pada hasil observasi yang telah dilakukan dengan menggunakan metode owas. Metode ini akan menilai postur kerja yang paling berpengaruh terhadap timbulnya keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) khususnya bagian tubuh bawah seperti tangan, punggung, kaki dan beban yang di angkat serta di teruskan dengan memberikan usulan perbaikan postur kerja. Hasil dari penelitian ditemukan usulan perbaikan postur kerja baru, diuji dengan uji kelayakan usulan postur kerja dengan waktu sekitar 1 hingga 2 bulan dan pengisian kuisioner Nordic Body Map (NBM) baru kepada 3 pekerja yang mengalami keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) yang mana diperoleh hasil 3 orang yang mengalami keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) pada proses produksi ban vulkanisir mengalami penurunan skor akhir menjadi 59, 65 dan 68 yang berarti ≤ 71 dengan tingkat resiko sedang dan termasuk kategori mungkin diperlukan tindakan perbaikan. Hasil tersebut lebih rendah dari hasil rekap kuisioner awal dengan skor awal 62 yang termasuk kategori sedang dan 86 dan 91 termasuk kategori tinggi. Dengan begitu pekerja tidak lagi merasakan keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) seperti sebelumnya. Penggunaan SOP mengenai postur kerja yang baik guna mengurangi keluhan MSDs yang terjadi pada para pekerja. Kata Kunci: Analisa Postur Kerja, Musculoskeletal Disorders (MSDS), Ovako Work Analysis System (OWAS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:48
Last Modified: 18 Oct 2023 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31850

Actions (login required)

View Item View Item