LAPORAN TUGAS AKHIR ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN METODE CAMPBELL DUDEX SMITH DAN HEURISTIC PALMER UNTUK MEMINIMASI WAKTU KERJA (MAKESPAN) (Studi Kasus : UD Mustika Putra Rimba)

BAGASKARA, WINGGA WAHYU (2023) LAPORAN TUGAS AKHIR ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN METODE CAMPBELL DUDEX SMITH DAN HEURISTIC PALMER UNTUK MEMINIMASI WAKTU KERJA (MAKESPAN) (Studi Kasus : UD Mustika Putra Rimba). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800096_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800096_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

UD. Mustika Pura Rimba merupakan salah satu industry manufactur dibidang furniture yang menghasilkan produk seperti kusen, jendela, pintu dan lain-lain. Dalam persaingan pasar dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa mengancam perusahaan terkait output seperti yang diharapkan dalam waktu yang diharapkan. Penelitian iini bertujuan untuk menjadwalkan produksi yang efektif agar tidak terjadi penumpukan job, mengurangi waktu menganggur dan mampu meminimalkan waktu pengerjaan total (makespan). Penelitian ini menggunakan metode Campbell Dudex Smith dan Heuristic palmer menggunakan perhitungan manual untuk mengetahui waktu pengerjaan total yang minimum, ururtan job dan idle time. Data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara dan sekunder melihat waktu proses produksi. Hasil penelitian ini memperlihatkan jika menggunakan metode CDS ada 2 jenis perhitungan yaitu CDS Konvensional dengan hasil nilai total makespan 305 menit dengan urutan 1-43-2. Sedangkan CDS Parsial memperoleh nilai total makespan 310 menit dengan urutan 4-1-3-2 dan Heuristik Palmer menghasilkan nilai makespan sebesar 315 menit dengan urutan3-1-2-4. Dengan perbandingan kedua metode tersebut nilai CDS konvensinal lebih minimum dengan total makespan 305 menit urutan 1-4-3-2 yang mampu meminimasi lamanya waktu pengerjaan, mengurangi waktu menganggur dan minimumnya makespan dapat menghasilkan produksi tepat waktu sesuai yang diharapkan bagi perusahaan. Kata Kunci : Penjadwalan produksi, metode Campbell Dudex Smith, metode Heuristic Palmer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:42
Last Modified: 16 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31848

Actions (login required)

View Item View Item