LAPORAN TUGAS AKHIR PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD (HRSC) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT. RODA EMAS JAYA)

FAIZIN, UMAR ZEN (2023) LAPORAN TUGAS AKHIR PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD (HRSC) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT. RODA EMAS JAYA). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800093_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800093_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

PT. Roda Emas Jaya adalah perusahaan vulkanisir ban bekas yang berletak di Muktiharjo Semarang. PT Roda Emas Jaya adalah perusahaan yang melayani vulkanisir ban bekas kendaraan besar atau truk,perusahaan ini memiliki 22 karyawan dimana masing masing mempunyai tugas tersendiri. Didasari realitas pada perusahaan juga kenyataan bahwa perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja pada aspek sumberdaya manusia secara menyeluruh dan terintregasi sebelumnya,maka perlu dilakukan pengukuran kinerja sumberdaya manusia. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi Key Performance Indicator yang dapat merepresentasikan kinerja sumberdaya manusia. Metode yang digunakan dalam pengukuran kinerja sumberdaya manusia yaitu metode Human Resources Scorecard dimana mengaitkan antara manusia,strategi dan kinerja. Human Resources Scorecard digunakan untuk mengidentifikasi masalah, lalu melakukan pembobotan dengan Analitycal Hierarchy Process(AHP) dan Scoring System menggunakan high is better,lower is better,must be zero atau must be one. Perancangan pengukuran kinerja menggunakan sudut pandang dari HRSC yaitu sudut pandang keuangan,pelanggan,proses bisnis internal dan pertumbuhan pembelajaran. KPI yang digunakan dalam pengukuran yaitu 9 KPI yang terbagi pada sudut pandang keuangan 2 KPI, pelanggan 3 KPI,proses bisnis internal 2 KPI dan perumbuhan pembelajaran 2 KPI. Hasil pengukuran kinerja SDM dihasilkan terdapat 1 KPI yang berada pada indikator merah,1 KPI pada indikator kuning dan 7 KPI pada indikator hijau. Nilai performansi dari 4 sudut pandang: keuangan 407,8, pelanggan 40,11, proses bisnis internal 20,4 dan pertumbuhan pembelajaran 124,64 sehingga diperoleh nilai performansi kinerja SDM di PT. Roda Emas Jaya sebesar 592,59. Nilai tersebut menunjukan bahwa performansi sudah sangat baik karena nilai tersebut lebih besar dari nilai minimal baiknya performansi yaitu 80. Kata Kunci : PT. Roda Emas Jaya, Human Resources Scorecard, AHP, Scoring system, Pengukuran Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:44
Last Modified: 18 Oct 2023 01:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31845

Actions (login required)

View Item View Item