PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH DALAM RANGKA PEMECAHAN SERTIPIKAT (Studi Kasus Di Perumahan Watunganten Asri, Batursari, Mranggen)

Zahra, Nabila Kartika (2023) PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH DALAM RANGKA PEMECAHAN SERTIPIKAT (Studi Kasus Di Perumahan Watunganten Asri, Batursari, Mranggen). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000228_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000228_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada pendaftaran tanah secara sporadik yang dilakukan oleh inisiatif pemilik tanah mengenai jumlah pendaftaran tanah secara besar (perumahan) pada lingkup pedesaan, yaitu pada Kelurahan Batursari, kecamatan Mranggen, Demak, dari bagaimana proses tanah itu yang didaftarkan oleh individu mengenai proses pendaftaran tanahnya, hingga pemecahan serifikat setelahnya. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan menggunakan metode yuridis empiris. Metode yuridis empiris digunakan penelitian guna melakukan pendekatan dari segi peraturan perundang-undangan dan norma-norma hukum sesuai dengan permasalahan yang ada dengan menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Hasil penelitian pada pendaftaran tanah secara sporadik menunjukan bahwa pendaftaran tanah secara sporadik adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali mengenai satu atau beberapa obyek pendaftaran tanah dalam wilayah atau bagian wilayah suatu desa/kelurahan secara individual atau massal. Pendaftaran tanah secara sporadik yang dilakukan oleh inisiatif pemilik tanah mengenai jumlah pendaftaran tanah secara besar/massal (perumahan) pada lingkup pedesaan, yaitu pada Kelurahan Batursari, kecamatan Mranggen, Demak dari bagaimana proses tanah itu yang didaftarkan oleh individu mengenai proses pendaftaran tanahnya yang harus sesuai dengan Pasal 14 sampai dengan 22 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 hingga pemecahan serifikat setelahnya dan dalam pelaksanaan pensertipikatan tanah Perumahan Watunganten Asri, Kelurahan Batursari, kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh pendaftar (pemilik perumahan) dikarenakan CV (Comanditier Venonscapt) sesuai dengan kebijakan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN) yang termuat dalam Surat Edaran No.2/SEHT.02.01/VI/2019, mengenai CV dapat memiliki hak atas tanah Hak Guna Bangunan (HGB) perlu dikaji dan dibahas ulang. Kata Kunci: Pendaftaran Tanah, Pemecahan Sertipikat, Sporadik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:46
Last Modified: 16 Oct 2023 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31841

Actions (login required)

View Item View Item