USULAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN SEMEN DENGAN MENGGUNAKAN PERBANDINGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN PERIODIC ORDER QUANTITY (POQ) (Studi Kasus: TB. Nusa Jaya)

PRAMANA, SYAHDAN ABI (2023) USULAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN SEMEN DENGAN MENGGUNAKAN PERBANDINGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN PERIODIC ORDER QUANTITY (POQ) (Studi Kasus: TB. Nusa Jaya). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800089_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800089_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Toko Bangunan Nusa Jaya merupakan toko yang menjual berbagai kebutuhan bangunan seperti bata merah, genteng, semen dan lain lain. Untuk menjaga persaingan pasar Persediaan dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa mengancam perushaan terkait persediaan yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengendalian persediaan semen di Toko Bangunan Nusa Jaya. Penelitian ini menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) dan metode Periodic Order Quantity (POQ), metode EOQ dan POQ menggunakan beberapa hitungan untuk mengetahui total biaya ekonomis, stok pengaman, dan titik re-order. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa melihat data penjualan. Hail penelitian ini memperlihatkan jika menggunakan metode Economic Order Quantity kuantitas setiap kali pesan 640 dan 320 zak, dengan frekuensi dalam satu periode 19 dan 10 kali dengan biaya persediaan Rp.13.403.161. kemudian pada metode Periodic Order Quantity kuantitas setiap pesanan yaitu 1.094 dan 316 zak setiap semen dengan frekuensi sama yaitu 12 kali satu periode dengan total biaya persedian Rp.10.5924.414. yang terakhir yakni kebijakan perusahan dengan total biaya persediaan yaitu sebesar Rp.14.369.254. Dengan demikian metode EOQ mampu menurunkan atau menghemat biaya yang ditimbulkan dari adanya pengadaan persediaan bahan baku kedelai dan dapat menambah keuntungan bagi perusahaan. Kata Kunci: Pengendalian Persediaan, Metode Economic Order Quantity, Metode Periodic Order Quantity

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:46
Last Modified: 16 Oct 2023 07:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31840

Actions (login required)

View Item View Item