PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENIPUAN INVESTASI BODONG BERBASIS KEADILAN RESTORATIF DI KEPOLISIAN RESOR SALATIGA

RIFO, KANA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENIPUAN INVESTASI BODONG BERBASIS KEADILAN RESTORATIF DI KEPOLISIAN RESOR SALATIGA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000166_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000166_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum tentang Keadilan Restoratif sebagai perlindungan hukum bagi korban tindak pidana di Indonesia dan bagaimana bentuk-bentuk penerapan keadilan restoratif sebagai perlindungan hukum bagi korban tindak pidana penipuan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yang berarti mengadopsi pendekatan yang mengkaji dan membahas permasalahan yang diajukan. Pendekatan yuridis mengacu pada prinsip-prinsip hukum yang tercantum dalam peraturan-peraturan tertulis, sementara pendekatan sosiologis bertujuan untuk memperjelas situasi yang sebenarnya ada dan muncul dalam masyarakat terkait dengan masalah yang diteliti, atau memberikan makna penting pada langkah-langkah observasi. Hasil penelititan menunjukan bahwa Keadilan Restoratif adalah upaya penyelesaian perkara pidana yang berorientasi pada pemulihan hubungan antara korban dan pelaku dan keluarganya masing-masing serta masyarakat yang prosesnya dilaksanakan menurut peraturan perundang-undangan baik ditingkat penyelidikan atau penyidikan, tingkat penuntutan dan ditingkat peradilan umum. Institusi dan aparat penengakan hukum disetiap tingkatan proses penyelesaian perkara pidana memfasilitasi, memproses dan membuat berita acara untuk memastikan bahwa penyelesaian perkara pidana berdasarkan keadilan restoratif ini akan memberikan manfaat sesuai prinsip dan tujuan penerapan dalam memulihkan hubungan antara korban, pelaku dan masyarakat dimana dapat mengurangi beban negara dan yang terutama adalah upaya untuk memberikan perlindungan terhadap korban tindak pidana. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Tindak Pidana Penipuan, Keadilan Restoratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:45
Last Modified: 16 Oct 2023 07:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31839

Actions (login required)

View Item View Item