PERAN KEPOLISIAN TERHADAP KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS BERBASIS RESTORATIVE JUSTICE (Studi Kasus di Polrestabes Semarang)

Andani, Dheasyah Putri (2023) PERAN KEPOLISIAN TERHADAP KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS BERBASIS RESTORATIVE JUSTICE (Studi Kasus di Polrestabes Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000107_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000107_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi sering kali menimbulkan perbedaan persepsi antara pelaku dan korban khususnya di kota Semarang. Adanya perbedaan persepsi tersebut, maka antara pelaku dan korban perlu dilakukan mediasi agar tercapai perdamaian serta kesepakatan antara kedua belah pihak dan tidak perlu dilakukan penyidikan perkara lebih jauh. Dengan adanya latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Peran Kepolisian Terhadap Penerapan Restorative Justice dalam Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polrestabes Semarang”. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu dengan melihat implementasi dari polisi penyidik lalu lintas dalam penyelesaian perkara dengan cara Restorative Justice pada kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polrestabes Kota Semarang. Hasil penelitian, Peran Kepolisian Terhadap Penerapan Restorative Justice dalam Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Wilayah Hukum Polrestabes Semarang ketika terjadi kecelakaan laka lantas pada intinya pihak kepolisian tetap memproses secara hukum tidak lebih memihak hanya ke satu pihak saja, disini pihak kepolisian pasti mendengarkan apa yang di inginkan dari para pihak yang terlibat, membantu komunikasi terhadap keinginan restorative justice yang merupakan salah satu alternatif proses hukum di luar dari pengadilan. Kendala dan Solusi Kepolisian terhadap Penerapan Restorative Justice dalam Kasus Kecelakaan lalu lintas di Wilayah Hukum Polrestabes Semarang, kendalanya karena untuk sekarang banyak viralisasi jadi kedua belah pihak terkadang inginnya selesai dengan kekeluargaan namun karena sudah terlanjur ramai/viral dan menjadi atensi banyak masyarakat, jadi mau tidak mau harus diproses hukum dan berjalan sebagaimana adanya, solusi dari kendala tersebut serahkan semuanya kembali kepada masing- masing pihak supaya tidak ada komplain terkait komunikasi. Kata Kunci: Kecelakaan Lalu Lintas; Kepolisian; Restorative Justice

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:37
Last Modified: 16 Oct 2023 07:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31828

Actions (login required)

View Item View Item