PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PENCANTUMAN KLAUSULA BAKU PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN (CONSUMER FINANCE)

MAISHA, DEANDRA ANANDA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PENCANTUMAN KLAUSULA BAKU PADA PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN (CONSUMER FINANCE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000092_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000092_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, Indonesia sedang bersemangat melakukan sebuah pembangunan ekonomi karena berkaitan dengan pembangunan nasional. Dalam pembiayaan pembangunan ekonomi ini adanya lembaga keuangan sangat diperlukan. Salah satu bidang usaha dalam lembaga pembiayaan yang berkembang pesat yakni usaha pembiayaan konsumen. Pembiayaan konsumen memiliki salah satu contoh masalah yakni dengan adanya klausula baku yang terdapat di dalam perjanjiannya. Klausula baku merupakan suatu hal yang diresahkan karena berisi hal yang memberatkan konsumen sehingga di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen diatur mengenai berbagai hal yang dilarang di dalam klausula baku. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui akibat hukum penerapan klausula baku pada perjanjian pembiayaan konsumen dan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen atas klausula baku di dalam perjanjian pembiayaan konsumen. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akibat hukum penerapan klausula baku pada perjanjian pembiayaan konsumen yakni adanya hak dan kewajiban antara pelaku usaha dan konsumen serta akibat hukum yang harus ditanggung oleh konsumen yang melakukan wanprestasi dengan berbagai cara yang sudah diatur di berbagai pasal dalam Kitab-Kitab Undang Hukum Perdata. Kemudian perlindungan hukum terhadap konsumen atas klausula baku di dalam perjanjian pembiayaan konsumen yakni dibagi dari segi peraturan perundang-undangan, segi kontrak, dan segi pengadilan dengan cara melalui pengadilan (litigasi) ataupun luar pengadilan (non litigasi). Kata Kunci: Klausula Baku, Perjanjian, Pembiayaan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:36
Last Modified: 16 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31826

Actions (login required)

View Item View Item