ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAVA LEGEND COFFEE LAB AND ROASTERY MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN QSPM

SYUKRON, MOHAMAD (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAVA LEGEND COFFEE LAB AND ROASTERY MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN QSPM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800056_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Java Legend merupakan implementasi dari pembelajaran tentang kopi dari sektor hulu ke hilir. Java Legend membangun jaringan relasi yang cukup luas dengan petani, kelompok tani, koperasi, pemroses, pabrik pengolahan biji kopi, trader kopi, eksportir dan importir kopi, BUMN, instansi pemerintah maupun organisasi swasta yang bergerak dalam bidang usaha pengolahan kopi. Java Legend Coffee Lab And Roastery bisa dikatakan sebagai sebuah roastery atau tempat pengolahan kopi dan tempat belajar kopi favorit di Jawa Tengah. Banyak juga peserta kelas yang berasal dari luar Jawa Tengah maupun luar pulau Jawa. Tapi seiring berjalannya waktu, semakin banyaknya pesaing dan semakin berkembangnya jaman, Java Legend mulai mengalami penurunan omset, selain karna beberapa faktor, yang paling berpengaruh adalah dampak dari pandemi. Strategi pemasaran yang digunakan Java Legend adalah promosi melalui sosial media, dan promosi dengan cara datang sebagai undangan atau sponsor ketika ada event disuatu daerah. Tapi untuk pemasaran melalui sosial media bisa dikatakan sangat kurang aktif. Jarangnya upload, konten yang biasa bahkan cenderung monoton, yang mengakibatkan kalah dengan pendatang baru yang aktif dalam sosial media dan membuat konten promosi yang lebih menarik. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa faktor internal yang dapat menjadi kekuatan yang dimiliki oleh java legend coffee lab and roastery yaitu kualitas produk baik. Sedangkan faktor internal kelemahan yaitu Kurang adanya promosi menggunakan media online. Pada faktor eksternal peluang pada java legend coffee lab and roastery yaitu berkembangnya tren kopi dan berkembangnya teknologi. Sedangkan faktor eksternal ancaman yaitu Produk Substitusi. Kemudian dapat disimpulkan pilihan strategi yang dapat diambil yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Adapun strategi yang diperoleh dari Matrix SWOT (Strengt, Weakness, Opportunity, Threat) adalah Menjaga kualitas produk dengan mengembangkan industri kopi di Kota Pati dan Menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah dan menambah saluran distribusi. Dari hasil tersebut menunjukkan strategi tersebut yang paling disukai atau diminati oleh responden pakar yang berasal dari internal . Java Legend Coffee Lab And Roastery. Kemudian disimpulkan dari hasil QSPM terdapat pilihan strategi yang dapat diambil yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Untuk nilai TAS tertinggi adalah “pengembangan pasar” yang memiliki 3 alternatif strategi berupa “Membuka pemesanan produk kopi secara online dengan memanfaatkan E-Commerce yang ada di Indonesia”, “Menjaga kualitas produk dengan mengembangkan industri kopi di Kota Pati” dan “Menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah dan menambah keaktifan dalam mengikuti pameran/event” Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Produk, Penjualan Produk, Kopi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:35
Last Modified: 16 Oct 2023 07:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31825

Actions (login required)

View Item View Item