ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU PADA INDUSTRI MEUBEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ DAN MIN-MAX (Studi Kasus : UD. Mustika putra rimba)

ARMINANTO, MOHAMAD NANDA (2023) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU PADA INDUSTRI MEUBEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ DAN MIN-MAX (Studi Kasus : UD. Mustika putra rimba). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800055_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800055_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

UD. Mustika putra rimba merupakan salah satu industri manufaktur yang memproduksi segala macam furniture seperti pintu,jendela,kusen dan lain-lain. Untuk menjaga persaingan pasar Persediaan dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa mengancam perushaan terkait persediaan yang mereka butuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengendalian persediaan kayu di UD. Mustika putra rimba. Penelitian ini menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) dan MinMax, metode EOQ dan Min-Max menggunakan beberapa hitungan untuk mengetahui total biaya ekonomis, stok pengaman (safety stock), dan titik re-order Hasil penelitian ini memperlihatkan jika sesuai dengan metode Economic Order Quantitty, kuantitas pemesanan bahan baku kayu jati sebanyak 201 lempeng dengan periode pemesanan 4 kali per tahun dan total biaya persediaan sebesar Rp1.119.306,untuk kayu mahoni kuantitas pemesanan 213 lempeng dengan 4 kali pesan dalam satu tahun dan total biaya persediaan sebesar Rp1.126.863 Kemudian pada metode Min-Max kuantitas pemesanan bahan baku kayu jati sebanyak 205 lempeng dengan periode pemesanan 3 kali pertahun,dengan biaya persediaan tahunan sebesar Rp1.183.296, untuk kayu mahoni kuantitas pemesanan 204 lempeng dengan 4 kali pesan dalam satu tahun dan total biaya persediaan sebesar Rp1.239.834 Dengan demikian, penggunaan metode Economic Order Quantitty mampu menurunkan atau menghemat biaya yang ditimbulkan dari adanya pengadaan persediaan bahan baku kedelai dan dapat menambah keuntungan bagi perusahaan. Kata Kunci : Pengendalian Persediaan, Metode Economic Order Quantity, Metode Min-Max

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:34
Last Modified: 16 Oct 2023 07:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31823

Actions (login required)

View Item View Item