PROSES PEMBUKTIAN JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus Di Kejaksaan Negeri Kota Semarang)

Ramdani, Ayu (2023) PROSES PEMBUKTIAN JAKSA PENUNTUT UMUM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus Di Kejaksaan Negeri Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000069_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Pembunuhan berencana atau biasa yang dikenal dengan pembunuhan yang sudah direncana adalah kejahatan yang paling serius yang ancaman hukumannya paling berat dari seluruh bentuk kejahatan terhadap nyawa manusia. Kejahatan ini diatur dalam Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuktian Jaksa Penuntut Umum tentang tindak pidana pembunuhan berencana di Kejaksaan Negeri Kota Semarang dan juga untuk mengetahuai kendala dan solusi yang dihadapi oleh Jaksa Penuntut Umum dalam proses pembuktian di persidangan dalam perkara pembunuhan berencana Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, yakni metode kajian hukum dan sistematiknya yang kemudian diterapkan pada kajian suatu masalah dalam masyarakat dengan tujuan untuk mengidentifikasi fakta yang membentuk masalah dan alasan yang diperoleh dari data primer dan data sekunder dari hasil wawancara dengan pihak Kejaksaan dari Kejaksaan Negeri Kota Semarang yaitu yang bertanggungjawab dan berhubungan langsung dengan pemprosesan tindak pidana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Jaksa Penuntut Umum dalam penyelesaian kasus pembunuhan berencana sangat penting. Karena peran Jaksa Penuntut Umum dalam peradilan pidana sangat penting. Yakni, melaksanakan penuntutan, penetapan, pengawasan,penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan Undang-Undang, serta melengkapi berkas perkara. Dalam konteks ini, tugas Jaksa Penuntut Umum adalah menemukan kebenaran yang seutuhnya. Selain itu, penelitian ini juga memaparkan tentang proses pembuktian tindak pidana pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kota Semarang serta kendala dan solusi dalam proses pembuktian tindak pidana pembunuhan berencana. Kata Kunci : Pembuktian, Tindak Pidana, Pembunuhan berencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:14
Last Modified: 16 Oct 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31821

Actions (login required)

View Item View Item