ANALISIS BEBAN KERJA DALAM PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE FULL TIME EQUIVALENT (FTE) PADA PT SARI WARNA ASLI V KUDUS

CAHYANI, KHOFIFAH DWI (2023) ANALISIS BEBAN KERJA DALAM PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA MENGGUNAKAN METODE FULL TIME EQUIVALENT (FTE) PADA PT SARI WARNA ASLI V KUDUS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800050_fullpdf.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)

Abstract

PT. Sari Warna Asli V Kudus adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil lebih spesifiknya yaitu pembuatan benang. Dalam departemen produksi spinning 1 mengalami beban kerja yang berlebih dimana tugas-tugasnya bersifat fisik dan juga karyawan pada spinning 1 ini usianya kebanyakan lebih berumur. Ketidakseimbangan jumlah karyawan di salah satu stasiun kerja juga mengakibatkan ketidakefisienan kerja. Perusahaan tidak mampu melakukan estimasi untuk menentukan alokasi jumlah tenaga kerja yang tepat dengan mempertimbangkan kondisi kerja, waktu kerja dan target produksi yang diharapkan. Menurut beberapa penelitian yang ada untuk mengetahui bagaimana beban kerja operator dan mengetahui jumlah kebutuhan tenaga kerja yang optimal dilakukan perhitungan dengan metode full time equivalent. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai beban kerja pada departemen produksi spinning 1 PT Sari Warna Asli V Kudus dan menentukan kebutuhan tenaga kerja yang optimal untuk departemen produksi spinning 1 dengan menggunakan metode full time equivalent agar mendapatkan jumlah karyawan yang optimal sesuai dengan penyeimbangan beban kerja dengan jumlah tenaga kerja. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat banyak beban kerja Underload dengan rank 0-0,99, yang berarti bahwa pekerjaan yang dilakukan terlalu ringan, akibatnya para pekerja lebih banyak waktu untuk bersantai, menganggur, bercengkrama dan kegiatan lain diluar pekerjaan. Terdapat usulan perubahan jumlah tenaga kerja sesuai dengan hasil nilai FTE yang diperoleh, yang awalnya 16 pekerja menjadi 10 pekerja, perubahan tersebut ada pada perubahan ini ada pada proses blowing, carding, drawing frame, ring frame dan winding. Kata Kunci: Beban Kerja, Overload, Underload, Full Time Equivalent (FTE)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:14
Last Modified: 16 Oct 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31820

Actions (login required)

View Item View Item