PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE OF ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus: CV. Bahana Raya)

HAKIM, IFWADH (2023) PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN TECHNIQUE OF ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) (Studi Kasus: CV. Bahana Raya). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800043_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

CV. Bahana Raya dalah perusahaan yang bergerak dibidang dibidang furniture, design interior, pembangunan fisik, konsultan interior & eksterior, desain grafis, dan yang berhubungan dengan fisik dan interior rumah. Selama ini, CV. Bahana Raya memiliki permasalahan pada supplier bahan baku yaitu mengenai keterlambatan dan perbedaan harga dalam mendatangkan bahan baku dari supplier. Bahan baku utama yang digunakan untuk Pembangunan interior yaitu multipleks. Dalam memenuhi bahan baku utama tersebut CV. Bahana Raya berkerjasama dengan empat supplier. Supplier tersebut adalah CV. Parbo House, PD. Pungkur Jaya, CV. Mitra Anda, dan CV. Central Prima. Hasil wawancara terhadap bagian logistik permasalahan yang terjadi membuat proses produksi dari CV. Bahana Raya menjadi terhambat. Akibatnya, banyak konsumen yang kurang puas, tingginya harga yang ditetapkan oleh supplier juga akan mempengaruhi keuntungan dari Perusahaan. Meskipun cukup baik dalam bekerjasama dengan supplier, CV Bahana Raya belum menggunakan metode pemilihan supplier yang tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut, perusahaan memerlukan suatu alat analisis yang dapat membantu perusahaan dalam memecahkan masalah yang kompleks untuk mengambil keputusan dalam pemilihan supplier yaitu dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Diketahui dari hasil kuisioner terdapat 8 kriteria dan 20 subkriteria dalam pemilihan supplier. Dari metode AHP didapatkan nilai bobot global yang menjadi input pada metode TOPSIS. Hasil penelitian menunjukkan kriteria Pengiriman menjadi prioritas utama dalam menentukan supplier bahan baku, sedangkan supplier yang berada pada urutan pertama yaitu CV. Mitra Anda dengan nilai preferensi sebesar 0,6561. Kata kunci: Supplier, AHP, TOPSIS, Multipleks

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:52
Last Modified: 18 Oct 2023 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31817

Actions (login required)

View Item View Item