PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PELAKU UMKM MELALUI RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus Pelaku UMKM Kabupaten Demak)

Cahyani, Devi Indah (2023) PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PELAKU UMKM MELALUI RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus Pelaku UMKM Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900043_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM di Kabupaten Demak melalui religiusitas sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer berupa kuesioner melalui google form dan secara langsung. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 pelaku UMKM Kabupaten Demak yang terdaftar di KPP Pratama Demak. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Conveniece Sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuanitatif (uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis) dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pajak dan sanksi pajak berpengaruh secara parsial dan signifikan. Religiusitas tidak memoderasi pengaruh pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Religiusitas tidak memoderasi sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata Kunci:Pengetahuan pajak, Sanksi Pajak, Religiusitas,Kepatuhan Wajib Pajak, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:51
Last Modified: 18 Oct 2023 03:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31815

Actions (login required)

View Item View Item