PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PEKERJA PRODUKSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARDIOVASCULAR LOAD (CVL) DAN RATING SCALE MENTAL EFFORT (RSME) (Studi Kasus: CV HARUM MEKAR)

WIDAYANTO, HARIS (2023) PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PEKERJA PRODUKSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARDIOVASCULAR LOAD (CVL) DAN RATING SCALE MENTAL EFFORT (RSME) (Studi Kasus: CV HARUM MEKAR). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800040_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

CV HARUM MEKAR merupakan suatu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi tepung Tapioka yang terletak di Kampunganyar, Waturoyo, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154. Setelah dilakukan observasi di lapangan dan menanyakan ke para karyawan yang ada di perusahaan tersebut, ternyata perusahaan di sana memiliki 24 jam kerja terbagi menjadi 3 shift untuk 1 shfit itu sendiri ialah 8 jam kerja dan waktu istirahat bergantian selama 30 menit. untuk hari libur di sana tidak ada hari libur sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetehui faktor beban kerja yang berkaitan beban kerja fisik dan beban kerja mental, memberikan usulan perbaikan bagi perusahaan untuk mengurangi beban kerja fisik dan beban kerja mental pada pekerja. Untuk mengatasi permasalahan ini, penilitian menggunakan metode Cardiovascular Load (CVL) untuk beban kerja fisik dan Rating Scale Mental Effort (RSME) untuk beban kerja mental hasil dari penelitian ini adalah pada pengukuran beban kerja fisik menggunakan metode pengukuran denyut nadi %CVL dengan nilai rata-rata 32,19 yang menunjukan diperlukan perbaikan. Metode RSME pengukuran beban mental, sebanyak 21 orang yang rata-rata 79,30. termasuk dalam kategori beban mental tinggi. Penyebab terjadi nya beban kerja fisik dan beban kerja mental adalah kurang nya waktu jam istirahat, bagian angkut di produsi masi menggunakan manual, dan untuk bagian shift malam pekerjaan lebih berat karana di mana jam untuk istirahat tidur di gunakan untuk bekerja. Berdasarkan analisa tersebut peneliti memberikan usulkan dengan memberikan alat bantu pada proses produksi, Menyediakan pelatihan keamanan dan kesehatan kerja, sediakan pelatian yang memadahi kepada karyawan di bagian produksi mengenai keamanan dan kesehatan kerja. Hal ini meliputi penggunaan alat pelindung diri, teknik angkat yang benar, pencegahan cedera kerja, dan pemeliharaan postur tubuh yang baik. Kata kunci: Beban kerja fisik, Beban kerja mental, Cardiovascular Load (CVL), Rating Scale Mental Effort (RSME)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:50
Last Modified: 18 Oct 2023 03:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31814

Actions (login required)

View Item View Item