ANALISIS KECACATAN HASIL PRODUKSI BAJA RINGAN (GALVALUM) TIPE RENG DI PT. ALI BANGUN NEGERI DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC)

RIZKIANDI, GALEH (2023) ANALISIS KECACATAN HASIL PRODUKSI BAJA RINGAN (GALVALUM) TIPE RENG DI PT. ALI BANGUN NEGERI DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800036_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

PT. Ali Bangun Negeri merupakan sebuah badan usaha yang bergerak dibidang indsutri baja ringan, beralamat di Jl. Karangjati, Candirejo, Pringsari, Pringapus Semarang 50214 Jawa Tengah Indonesia. Produk yang dihasilkan oleh PT. Ali Bangun Negeri diantaranya, spandek, hollow dan reng galvalum. Masalah yang di hadapi oleh PT. Ali Bangun Negeri ini adalah kualitas produk yang belum optimum dibagian proses produksi produk reng baja ringan yang melengkung, coil bolong, sobek/penyok saat di cetak, dan Panjang tidak sama. Data produksi PT. Ali Bangun Negeri dari bulan dari bulan Januari 2022 sampai Juni 2022 menghasilkan cacat pada setiap bulanya. Sedangkan batas toleransi kecacatan produk di PT. Ali Bangun Negeri yaitu sebesar 4%. Pada penelitian ini, metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas cacat produk reng galvalum adalah Quality Control Cirle (QCC) yang digunakan untuk menganalisa penyebab cacat dominan pada produk reng di PT. Ali Bangun Negeri serta menentukan rekomendasi usulan perbaikan yang harus dilakukan untuk meminimalkan jumlah cacat produk reng di PT. Ali Bangun Negeri. Dari hasil pengolahan data dan analisa didapatkan penyebab dominan terjadinya cacat produk reng di perusahaan adalah dari faktor manusia serta beberapa usulan perbaikan adalah melakukan training atau pelatihan terutama untuk pekerja baru yang belom memahami, memeperketat pengawasan yang dilakuakan oleh kepala produksi agar para tenaga pekerja semakin disiplin dalam bekerja menambahkan fasilitas penyejuk ruangan agar para pekerja bisa lebih konsentrasi sehingga meminimalkan terjadi kecacatan produk. Kata Kunci : Pengendalian Kualiatas, Produk Cacat, Quality Control Circle

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:04
Last Modified: 16 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31808

Actions (login required)

View Item View Item