TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TINDAK PIDANA PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (ANALISIS PUTUSAN PERKARA No 56/Pid.Sus/2023/PN.SMG)

Anan, Ali Marwan (2023) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TINDAK PIDANA PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (ANALISIS PUTUSAN PERKARA No 56/Pid.Sus/2023/PN.SMG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000034_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000034_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Kekerasan seksual terhadap anak menyisakan duka yang mendalam di dada anak-anak. Berbagai tindak kekerasan dialami oleh anak-anak. Kekerasan seksual terhadap anak terus berlanjut dengan intensitas yang makin meningkat dan motif yang makin beragam. Fakta kekerasan yang diberitakan media massa merupakan fenomena gunung es. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dilakukan nya tindak pidana pelecehan seksual terhadap anak. Untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pelecehan seksual terhadap anak. Untuk mengetahui kendala-kendala penanganan tindak pidana pelecehan seksual terhadap anak dan bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis untuk memecahkan masalah penelitian dengan meneliti data sekunder dan data primer dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan serta metode deskriptif kualitatif, yakni dimana data yang diperoleh kemudian disusun secara sistematis sehingga akan diperoleh gambaran yang komperhensif, dimana nantinya data akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian diantaranya faktor-faktor yang mempengaruhi dilakukannya tindak pidana pelecehan seksual terhadap anak dapat teridentifikasi sebanyak dua yakni faktor internal yaitu sebab yang berasal dari dalam diri pelaku kekerasan dan faktor eksternal dapat teridentifikasi beberapa faktor sebagai berikut faktor budaya, faktor ekonomi, faktor minimnya kesadaran kolektif. Pertimbangan hakim bahwa hukuman yang dijatuhkan bukan hanya semata-mata memberikan efek jera, tetapi sebagai tindakan preventif agar orang lain tidak melakukan hal yang sama. Kendalakendala penanganan tindak pidana pelecehan seksual terhadap anak (a). kendala Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dirasa belum mampu menanggulangi terjadinya tindak kekerasan seksual terhadap anak. Solusinya Diperlukan dilakukannya perubahan atau revisi dengan melakukan penambahan, pengurangan bahkan penghapusan beberapa pasal Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (b) kendala Rendahnya komitmen dari aparat penegak hukum dalam memberikan perlindungan hukum bagi anak, solusinya Peningkatan komitmen aparat penegak hukum. (c) Kendala Kurangnya perhatian masyarakat akan kekerasan seksual dan diskriminasi terhadap anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual solusinya Menumbuhkan rasa empati dan simpati serta budaya tahu hukum. Kata Kunci : Pemidanaan, Tindak Pidana, Kekerasan Seksual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:02
Last Modified: 16 Oct 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31805

Actions (login required)

View Item View Item