ANALISIS TRANSISI PERILAKU BELAJAR SISWA DARI DARING KE LURING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Ilman, Muhamad Zidni’ (2023) ANALISIS TRANSISI PERILAKU BELAJAR SISWA DARI DARING KE LURING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900033_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

Perubahan pembelajaran dari daring ke luring memunculkan permasalahan dalam perilaku belajar siswa. Ada kemungkinan adanya transisi perilaku belajar siswa berdasarkan gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui transisi perilaku belajar siswa dari daring ke luring pada pelajaran matematika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukateja tahun ajaran 2022/2023. Dengan menggunakan kuesioner gaya belajar dipilih 5 responden yang dijadikan subjek dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner, daftar cocok, obseravasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya transisi belajar ditinjau dari gaya belajar. Untuk gaya visual numerical dan social individual memiliki transisi perilaku belajar di indikator kebiasaan belajar, keterampilan, pengamatan, sikap, tingkah laku afektif, berfikir asosiatif dan daya ingat, inhibisi, apresiasi, dan berpikir rasional dan kritis. Gaya belajar auditory language dan gaya belajar social group memiliki transisi perilaku belajar di indikator keterampilan, sikap, berfikir asosiatif dan daya ingat, inhibisi dan apresiasi. Gaya auditory numerical, auditory visual kinesthetic memiliki transisi perilaku belajar di indikator kebiasaan, keterampilan, tingkah laku, berfikir asosiatif dan daya ingat, inhibisi dan berpikir rasional dan kritis. Gaya belajar expressiveness oral memiliki transisi perilaku belajar di indikator kebiasaan, keterampilan, sikap, tingkah laku afektif, berfikir asosiatif dan daya ingat, apresiasi, dan berpikir rasional dan kritis. Dari setiap gaya belajar seperti gaya belajar visual language, visual numerical dan social individual, auditory language dan gaya belajar social group, auditory numerical, auditory visual kinesthetic, dan expressiveness written, expressiveness oral memiliki indikator transisi perilaku yang sama di setiap gaya belajar yaitu di indikator keterampilan dan berpikir asosiatif atau daya ingat. Kata kunci: Transisi, Perilaku Belajar, Gaya Belajar, Daring, Luring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:02
Last Modified: 16 Oct 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31804

Actions (login required)

View Item View Item