PENGARUH PEMAHAMAN, KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang bergerak pada UMKM di Kabupaten Grobogan)

Pratama, Anis Kurniawan (2023) PENGARUH PEMAHAMAN, KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang bergerak pada UMKM di Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900020_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)

Abstract

Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak yang Bergerak Pada UMKM di Kabupaten Grobogan). Adanya pengetahuan perpajakan dari individu khususnya wajib pajak pada UMKM membuat pelaku UMKM menjadi patuh terhadap pajak menjadikan pelaku UMKM memiliki motivasi untuk melakukan kewajibannya pada negara. Jenis Penelitian Kuantitatif menggunakan data primer dengan kuesioner. Populasi penelitian yaitu UMKM di Kabupaten Grobogan dengan pengambilan sampel menggunakan metode Proporsional Cluster Random Sampling dan menghasilkan 95 responden. Teknik Analisis Kualitas Data menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Uji Asumsi Klasik menggunakan Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heterokedastisitas. Uji Goodness of Fit menggunakan Uji Simultan (Uji F), Uji Hipotesis (Uji t) dan Uji Koefisien Determinasi Simultan (R²). Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan Uji Koefisien Determinasi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian diketahui bahwa kualitas data valid dan reliabel. Hasil Uji Statistik Deskriptif menunjukan penyebaran data normal, hasil Uji Asumsi Klasik distribusi normal dan tidak terjadi gejala, hasil Uji Regresi Linier Berganda adalah bukan penjelas yang signifikan. Hasil Uji Hipotesis yaitu: (1) Pemahaman Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan pada Kepatuhan Wajib Pajak, (2) Kesadaran Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan pada Kepatuhan Wajib Pajak, (3) Kualitas Pelayanan Perpajakan berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada Kepatuhan Wajib Pajak, dan (4) Sanksi Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan pada Kepatuhan Wajib Pajak. Kata Kunci : UMKM, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:57
Last Modified: 16 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31799

Actions (login required)

View Item View Item