ELABORASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA

Andriyani, Zuni Dwi (2023) ELABORASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900032_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi melalui project based learning dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Semarang dengan subjek penelitian adalah kelas 32 siswa VIII F. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara siswa. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran diferensiasi diawali dengan memberikan asesmen kesiapan belajar siswa. Keberagaman kategori yang dimiliki siswa peneliti gunakan sebagai acuan dalam menentukan desain project dan penerapan tiga aspek pembelajaran berdiferensiasi. Pada diferensiasi konten, peneliti memberikan modul yang dapat dipelajari siswa diluar jam pelajaran sehingga siswa dapat memahaminya sesuai dengan kesiapan masing-masing siswa. diferensiasi proses model pembelajaran yang digunakan adalah project based learning yang dapat memfasilitasi keberagaman siswa. Pada diferensiasi produk siswa diberikan kebebasan untuk memilih bangun dan bahan yang akan digunakan dalam menyelesaikan project replika kota mereka. Keterampilan kolaborasi siswa pada kategori forming sudah berjalan secara maksimal. Siswa dengan sukarela belajar secara berkelompok dengan siswa lainnya, siswa tidak meninggalkan kelompoknya, dan siswa saling bertukar ide dalam menyelesaikan project mereka. Namun, pada kategori keterampilan kolaborasi lainnya, fungtioning, formulating, dan fermenting siswa belum menunjukkan hasil yang maksimal. Pada kategori fungtioning indikator keterampilan kolaborasi siswa kurang maksimal dikarenakan kemampuan kepemimpinan dan kolaborasi siswa yang berbeda – beda. Pada kategori formulating disebabkan oleh kurangnya komunikasi baik antar siswa dan peneliti, serta siswa masih malu untuk berbicara di depan umum. Sedangkan pada kategori fermenting juga disebabkan oleh kurangnya komunikasi antar siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Project Based Learning, Keterampilan Kolaborasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:56
Last Modified: 16 Oct 2023 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31798

Actions (login required)

View Item View Item