Putra, Wahyu Ananda (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BUKU AJAR STATISTIKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Matematika_34201900031_fullpdf.pdf Download (5MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201900031_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi pendidikan matematika di Indonesia di tingkat sekolah menengah pertama ialah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang berpengaruh terhadap pemahaman materi dan hasil belajar. Solusi dalam meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan buku ajar statistika yang menuntut siswa untuk lebih terpacu dan aktif dalam belajar secara mandiri maupun kelompok. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan mendeskripsikan kemampuan berpikir matematis siswa pada pokok bahasan statistika di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang melalui penerapan Problem Based Learning berbantuan buku ajar statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods jenis explanatory sequential. Peneliti menggunakan sampel siswa kelas VIII-A3 SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian meliputi instrumen tes dan wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas dan uji ketuntasan individual. Analisis data kualitatif menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Problem Based Learning berbantuan buku ajar statistika pada rata-rata hasil tes kelas VIII-A3 dalam mencapai KKTP sebesar 72 adalah 78,52. Hasil tersebut diperoleh melalui uji hipotesis dari uji ketuntasan individual yang disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa tidak sama dengan 72. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang dikelompokkan menjadi 3 kategori berdasarkan hasil tes yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Siswa tingkat tinggi dapat mengidentifikasi relevansi, merumuskan masalah ke dalam model matematika, dan memberikan kesimpulan dengan menggunakan prinsip. Siswa tingkat sedang dapat mengidentifikasi relevansi, merumuskan masalah ke dalam model matematika, namun tidak mampu memberikan hasil akhir secara tepat dan proses yang lengkap. Siswa tingkat rendah dapat mengidentifikasi relevansi, namun tidak dapat membuat strategi pemecahan masalah secara tepat dan hasil kesimpulan yang benar. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Problem Based Learning, Buku ajar statistika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 06:53 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 06:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31795 |
Actions (login required)
View Item |