PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022)

AN NISA, ANDI NURUL (2023) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP BIAYA MODAL EKUITAS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900018_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility dan manajemen laba terhadap biaya modal ekuitas. Biaya modal sebagai variabel terikat dihitung dengan menggunakan model residual income. Variabel bebas terdiri dari CSR yang diukur menggunakan corporate social responsibility indeks dengan perhitungan menggunakan GRI G4 (Global Reporting Initiatives), dan manajemen laba diukur dengan menggunakan proksi discretionary accrual. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018 – 2022. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia serta ketentuan lainnya. Data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan dari masing-masing perusahaan. Analisis penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap biaya modal ekuitas. Sedangkan Manajemen Laba berpengaruh positif signifikan terhadap biaya modal ekuitas. Kata Kunci : Biaya Modal Ekuitas, Corporate Social Responsibility, Manajemen laba, leverage, firm size, likuiditas, growth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:51
Last Modified: 16 Oct 2023 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31793

Actions (login required)

View Item View Item