ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI SELF-REGULATION MATERI SEGIEMPAT

HASANAH, USWATUN (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DITINJAU DARI SELF-REGULATION MATERI SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900030_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900030_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Hasanah, Uswatun. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Ditinjau Dari Self-regulation Materi Segiempat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I: Dyana Wijayanti, M.Pd., Ph.D Pembimbing II: Dr. Imam Kusmaryono, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP N 1 Menden pada materi segiempat dengan pendekatan RME ditinjau dari self-regulation. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Menden tahun ajaran 2022/2023. Terdapat 6 responden yang dijadikan subjek dalam penelitian dimana diambil dari kelas VII D. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Instrumen tes pada penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data pada penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan tingkat self-regulation tinggi mempunyai kemampuan penalaran matematis tinggi yaitu siswa mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis (2) Siswa dengan tingkat self-regulation sedang mempunyai kemampuan penalaran matematis sedang yaitu tidak semua siswa dapat memenuhi semua indikator. Untuk soal kedua siswa hanya dapat memenuhi kemampuan mengajukan dugaan (3) Siswa dengan tingkat self-regulation rendah mempunyai kemampuan penalaran matematis rendah yaitu siswa hanya mampu memenuhi beberapa indikator salah satunya siswa hanya memenuhi indikator melakukan dugaan untuk soal kedua. Kemampuan penalaran yang tergolong dalam tingkat tinggi sebesar 53,125%, kemampuan penalaran tingkat sedang sebesar 18,75% dan kemampuan penalaran pada tingkat rendah sebesar 28,125%. Kata Kunci: Penalaran, RME, self-regulation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:49
Last Modified: 16 Oct 2023 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31791

Actions (login required)

View Item View Item