HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMK

Astutik, Sri (2023) HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900029_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900029_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan mendeskripsikan hubungan self efficacy dan lingkungan belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK Negeri 1 Cepu pada materi barisan dan deret. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan jenis sequential exploratory design. Peneliti ini menggunakan sampel siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Cepu yang berjumlah 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sample dan snowball. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar angket self efficacy, lembar angket lingkungan belajar, tes kemampuan berpikir kreatif matematis dengan 4 soal uraian materi barisan dan deret, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji koefisian regresi secara bersama – sama (Uji F) dan uji parsial (Uji T). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis bagi siswa dengan tingkat self efficacy tinggi dan lingkungan belajar kondusif mampu masuk ke dalam kategori tinggi. Kemampuan berpikir kreatif matematis bagi siswa dengan tingkat self efficacy sedang dan lingkungan belajar cukup kondusif mampu masuk ke dalam kategori sedang. Kemampuan berpikir kreatif matematis bagi siswa dengan tingkat self efficacy rendah dan lingkungan belajar kurang kondusif mampu masuk ke dalam kategori rendah. Perlu diadakannya penelitian serupa lebih lanjut dengan mengambil wilayah penelitian lebih luas, sampel yang lebih fokus dan menggunakan rancangan penelitian yang lebih kompleks sehingga mendapatkan hasil penelitian yang lebih optimal. Kata Kunci : Self Efficacy, Lingkungan Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:45
Last Modified: 16 Oct 2023 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31789

Actions (login required)

View Item View Item