ANALISA POTENSI BAHAYA PADA PROSES PRODUKSI CV KARYA TEKNIK MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) ( Studi Kasus CV Karya Teknik )

UTOMO, BAYU PRATAMA SETYA (2023) ANALISA POTENSI BAHAYA PADA PROSES PRODUKSI CV KARYA TEKNIK MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) ( Studi Kasus CV Karya Teknik ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800027_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

CV Karya Teknik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengelasan yang didirikan Bapak Suwardi di Jalan Barito baru, Penggaron Semarang. Sistem Keselamatan dan Kesehatan kerja pada perusahaan sangat berdampak pada produksi yang berlaku pada industri ini. Dari data historis perusahaan dalam kurun waktu 2020 - 2022 terjadi kecelakaan kerja sebanyak 38 kali, untuk tingkat kecelakaan kerjanya mulai dari kecelakaan dengan tingkat rendah, sedang dan tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa identifikasi bahaya, melakukan penilaian risiko pada CV Karya Teknik dan pengendalian risiko apa yang harus dilakukan dari risiko tersebut. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan menerapkan metode JSA (Job Safety Analysis) dengan metode ini, dapat diketahui proses identifikasi, penilaian, dan pengendalian yang memerlukan perbaikan dan dapat lebih fokus untuk mendeteksi risiko yang disebabkan oleh suatu pekerjaan sehingga bisa ditanggani dari awal setelah penyebab bahaya teridentifikasi maka langkah selanjutnya adalah memberikan rekomendasi terbaik untuk meminimalkan risiko kecelakaan kerja. Dari hasil penelitian menggunakan metode Job safety analysis diperoleh Kategori risiko dari masing masing potensi bahaya pada proses produksi CV Karya Teknik yaitu pada kategori bahaya berisiko rendah sebanyak enam, berisiko moderate sebanyak tiga, berisiko tinggi sebanyak sepuluh dan berisiko extream sebanyak satu. Rekomendasi yang diberikan berupa memberikan pengawasan atau training mengenai pentingnya menggunakan APD, pembuatan SOP oleh perusahaan, menggunakan kacamata safety, menyediakan APD berupa sarung tangan safety dan safety shoes, menyediakan APD berupa wear pack, menyediakan helm safety, menyediakan APD berupa masker respirator safety, mengganti kabel yang mengalami kerusakan atau terkelupas dengan yang baru dan penambahan penutup safety pada alat gerinda. Kata Kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Job Safety Analysis, Manajemen Risiko

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:44
Last Modified: 16 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31788

Actions (login required)

View Item View Item