PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN

Rodliyah, Siti Ika Faidatur (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900028_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran abad 21. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan rendahnya literasi matematika adalah pemilihan buku yang kurang tepat untuk siswa. Dengan demikian, diperlukan modul yang dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan literasi matematika. Peneliti menyusun modul berbasis model Missouri Mathematics Project karena tahapan pembelajarannya dapat mendukung upaya peningkatan literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Sebanyak 27 siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Jepara menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes literasi matematika. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modul berbasis model Missouri Mathematics Project memiliki kategori valid berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi dan ahli media, (2) modul berbasis model Missouri Mathematics Project praktis digunakan untuk meningkatkan literasi matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Jepara, (3) modul berbasis Missouri Mathematics Project efektif untuk meningkatkan literasi matematika dengan ketuntasan klasikal sebesar 96% yang kemudian diuji satu pihak dengan dk=(n-1) dan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh t_hitung=9>t_tabel=1,706 sehingga H_1 diterima. Hasil uji t menunjukkan bahwa modul berbasis model Missouri Mathematics Project efektif digunakan untuk meningkatkan literasi matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Jepara dengan bantuan materi keliling dan luas lingkaran. Kata kunci: Modul, Missouri Mathematics Project, Literasi Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:41
Last Modified: 16 Oct 2023 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31785

Actions (login required)

View Item View Item