PENGARUH LITERASI KEUANGAN, AKSES PERMODALAN, MOTIVASI, MINAT MENGGUNAKAN E- COMMERCE DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM KOTA TEGAL (Studi Empiris Pada UMKM Kota Tegal)

Utami, Rr. Friska Aulia (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, AKSES PERMODALAN, MOTIVASI, MINAT MENGGUNAKAN E- COMMERCE DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM KOTA TEGAL (Studi Empiris Pada UMKM Kota Tegal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401900006_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kases permodalan, motivasi, minat menggunakan e-commerce dan inklusi keuangan terhadap kinerja UMKM Kota Tegal.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer berupa kuesioner. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google form dan secara langsung. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 UMKM Kota Tegal yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Conveniece Sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif (uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis) dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi keuangan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Akses permodalan berpengaruh negatif terhadap kinerja UMKM. Motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap. Minat menggunakan e- commerce memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Inklusi keuangan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan menambah atau mengganti variabel independen, agar dapat diketahui adanya variabel lain yang mempengaruhi kinerja UMKM atau mengganti variabel moderasi. Kata Kunci : literasi keuangan, akses permodalan, motivasi, minat menggunakan e-commerce, inklusi keuangan, kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:40
Last Modified: 16 Oct 2023 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31783

Actions (login required)

View Item View Item