PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP KALASUA DENGAN METODE SWOT ANALYSIS DAN BOSTON CONSULTING GROUP (BCG)

PUTRI, ANDELINA VELLYAN (2023) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN COFFEE SHOP KALASUA DENGAN METODE SWOT ANALYSIS DAN BOSTON CONSULTING GROUP (BCG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800016_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Kalasua koffiee merupakan coffee shop yang dikelola oleh Fariz Kurniawan selaku ownwer, berlokasi di Desa Kudukeras, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, salah satu coffee shop yang menjual makanan dan minuman kopi maupun non kopi. Kalasua dibuat dengan nuansa rumahan yang nyaman serta bersih. Perusahaan mengalami permasalahan yang dihadapi sekarang ini yaitu jumlah tingkat penjualan pada semester 2 2021 sampai semester 1 pada 2022 cenderung tetap dan menurun. Permasalahan tersebut diduga karena kurangnya menganalisis prospek perkembangan yang dimiliki coffee shop Kalasua serta tidak konsisten dalam strategi pemasaran yang diterapkan untuk memasarkan produknya. Strategi pemasaran yang diterapkan Kalasua saat ini cenderung pasif dan kurang maksimal. Maka dari itu perlu adanya menganalisis matriks IFAS (Internal Factor Summary) dan EFAS (Eksternal factor summary), Matriks IE (Internal Eksternal), Matriks SWOT dan Matriks BCG. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis Matriks SWOT dalam kondisi internal Coffee Shop Kalasua mempunyai faktor kekuatan yang lebih besar dengan nilai 3,2195 dibandingkan dengan factor kelemahan dengan nilai 0,5366. Dalam kondisi ini ekternal Coffee Shop Kalasua mempunyai peluang yang lebih besar disbanding dengan factor ancaman. Analisa Matrik IE (Internal Eksternal) menempatkan Coffee Shop Kalasua pada strategi tumbuh dan membangun berada pada sel V . Hasil perhitungan matriks BCG dapat dilihat bahwa Coffee Shop Kalasua dengan pesaing (Coffee Shop Koffiegrafi) berada di posisi Question Mark yang berarti bahwa posisi Coffee Shop Kalasua berada dalam kondisis menghadapi pangsa pasar yang rendah yaitu 0,53 dan terjadi kondisi pertumbuhan yang tinggi yaitu 13%. Dalam posisi ini perusahaan harus menjalankan strategi intensif, seperti pengembangan usaha dengan cara perusahaan mengorbankan laba jangka pendek terlebih dahulu untuk mengembangkan produk baru agar bias mengikuti kondisi pasar yang tinggi. Kata Kunci : BCG, Pemasaran, SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:37
Last Modified: 16 Oct 2023 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31778

Actions (login required)

View Item View Item