ANALISIS FRAUD TRIANGLE PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE & BUILDING CONSTRUCTION YANG TERDAFTAR DALAM BURS EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021

Kurniarin, Artaty (2023) ANALISIS FRAUD TRIANGLE PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE & BUILDING CONSTRUCTION YANG TERDAFTAR DALAM BURS EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401800302_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800302_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mendeteksi kecurangan laporan keuangan menggunakan analisis Fraud Triangle. Variabel Fraud Triangle yang digunakan yaitu tekanan yang diproksikan dengan stabilitas keuangan (ACHANGE), tekanan eksternal (LEVERAGE), dan target keuangan (ROA). Variable kedua yaitu kesempatan yang diproksikan dengan Nature Of Industry, dan variable ketiga yaitu pembenaran yang diproksikan dengan TACC. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang digunakan yaitu Laporan Keuangan pada Perusahaan Property, Real Estate, & Building Construction Yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2019 – 2021 dengan jumalh populasi adalah 37 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Faktor tekanan yang diproksikan dengan stabilitas keuangan (ACHANGE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Faktor tekanan yang diproksikan dengan tekanan eksternal (leverage) tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Faktor tekanan yang diproksikan dengan target keuangan tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Faktor kesempatan yang diproksikan dengan nature of industry (receivable) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Faktor rasionalisasi yang diproksikan total akrual berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Faktor fraud triangle (tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi) secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Kata Kunci : Kecurangan Laporan Keuangan, Tekanan, Kesempatan, Pembenaran, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:36
Last Modified: 16 Oct 2023 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31777

Actions (login required)

View Item View Item