PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI UNTUK MEMINIMALISIR CACAT PRODUK ROTI GULUNG DENGAN METODE STATISTIC PROCESS CONTROL (SPC) (Studi Kasus: UMKM Sri Rejeki)

FAKIH, AHMAD ZAYINUL (2023) PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI UNTUK MEMINIMALISIR CACAT PRODUK ROTI GULUNG DENGAN METODE STATISTIC PROCESS CONTROL (SPC) (Studi Kasus: UMKM Sri Rejeki). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601800009_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800009_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)

Abstract

UMKM Sri Rejeki adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi roti gulung. Roti gulung yang diproduksi memiliki beberapa varian, yaitu: roti gulung isi caramel meses, roti gulung isi caramel keju, dan roti gulung coklat keju. Sistem produksi yang dilakukan adalah dengan make to stock. Pada proses produksinya UMKM ini sering mengalami cacat produk yang dapat dilihat saat roti gulung sudah dalam keadaan siap dikemas. Rata-rata total produksinya yaitu sebesar 1200 pcs dengan persentase cacat produk sebesar 4,33%. Bentuk produk cacat yang terjadi pada saat proses produksi meliputi: Cacat bantat, cacat tekstur, dan cacat gosong. Dengan bantuan metode SPC yang telah dilakukan dapat mengidentifikasi jenis kecacatan dengan persentase tertinggi yaitu cacat gosong sebesar 36,34%, cacat bantat sebesar 33,33% dan cacat tekstur sebesar 30,33%. Penyebab terjadinya cacat produk dan usulan perbaikan dapat didentifikasi dengan metode 5W+1H. Pada jenis cacat gosong penyebab terjadinya kecacatan disebabkan oleh: Penggunaan takaran gula dan susu yang terlalu banyak, terlalu lama saat proses memanggang/mengoven dan juga suhu oven yang terlalu panas. Kata Kunci: Pengendalian Kualitas, Produk Cacat, SPC

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:35
Last Modified: 16 Oct 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31776

Actions (login required)

View Item View Item