PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID AGUNG JAWA TENGAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

NILASARI, SHABRINA PUTTI (2023) PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID AGUNG JAWA TENGAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900026_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks berbasis etnomatematika Masjid Agung Jawa Tengah yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Tingkat kevalidan ditinjau oleh ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, tingkat kepraktisan ditinjau oleh respon guru matematika dan siswa kelas VII A SMP Al Fattah Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sedangkan pada tingkat keefektifan ditinjau berdasarkan ketuntasan KKM dan adanya pengaruh hasil belajar siswa. Pengembangan tersebut juga dilakukan guna mengetahui penggunaan buku teks berbasis etnomatematika Masjid Agung Jawa Tengah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (research & development) dengan metode ADDIE (analyze, design, development, implemenation, and evaluation). Buku teks berbasis etnomatematika Masjid Agung Jawa Tengah, dikembangkan melalui aplikasi Canva. Buku teks tersebut berisi materi segiempat yang telah terintegrasi dengan etnomatematika ornamen Masjid Agung Jawa Tengah. Setelah dihasilkan produk, maka akan dilakukan uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan soal post test. Pada penelitian ini, buku teks berbasis etnomatematika Masjid Agung Jawa Tengah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil uji kevalidan dari ahli media diperoleh nilai kevalidan 96,25% dan dari ahli materi diperoleh nilai kevalidan 90,625%. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru diperoleh nilai kepraktisan 92,20% dan dari angket respon siswa diperoleh nilai 90,55%. Dan hasil uji keefektifan berdasarkan hasil one sample T test, paired sample T test dan uji N-Gain produk buku teks berbasis etnomatematika Masjid Agung Jawa Tengah pada materi segiempat memiliki efektivitas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kategori peningkatan sebesar 0,5846 atau termasuk ke dalam peningkatan kategori “Sedang”. Kata Kunci: Buku Teks, Etnomatematika, Masjid Agung Jawa Tengah, Berpikir Kreatif, Segiempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:35
Last Modified: 16 Oct 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31775

Actions (login required)

View Item View Item