PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA GARAM DENGAN ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di UD. Ndan Ndut Ria Desa Purworejo Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang)

WULANDARI, RETNO MARTI (2023) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA GARAM DENGAN ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di UD. Ndan Ndut Ria Desa Purworejo Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601402_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601402_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

UD. Ndan Ndut Ria merupakan industri kecil yang bergerak dibidang pengolahan garam konsumsi yang berada di Desa Purworejo Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. Dalam proses produksinya industri kecil ini menghasilkan garam briket dan garam halus. Pemasaran produk garam dari UD. Ndan Ndut Ria ini di wilayah Rembang sendiri dan belum menerapkan strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan penjualan garamnya. Penjualan garam dari UD. Ndan Ndut Ria semakin menurun beberapa tahun terakhir. Hal ini selain disebabkan oleh pemasaran yang digunakan kurang baik. Untuk itu perusahaan ini dituntut untuk merencanakan strategi pemasaran yang baik dalam upaya untuk mengembangkan usaha garamnya. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi pemasaran sesuai dengan kondisi internal dan kondisi eksternal perusahaan. Analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal digunakan sebagai acuan untuk merumuskan strategi pemasaran terbaik. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan AHP. Analisis SWOT digunakan untuk merumuskan alternatif-alternatif strategi, kemudian ditentukan prioritas strategi terbaik menggunakan AHP untuk meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan garam diharapkan bisa berdampak positif untuk perkembangan usaha garam di UD. Ndan Ndut Ria. Penentuan strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT dan AHP. Analisis SWOT dilakukan untuk mengetahui posisi perusahaan pada saat ini. Hasil dari analisa matriks IFAS EFAS didapatkan nilai masing-masing yaitu 3,32 dan 3,27, yang artinya posisi perusahaan yaitu growth and build (tumbuh dan berkembang). Selanjutnya dilakukan analisis SWOT yang menghasilkann alternatif-alternatif strategi. Hasil SWOT diketahui perusahaan berada pada Kuadran I, dimana strategi yang harus diterapkan berdasar diagram SWOT adalah menerapkan strategi kekuatan (Strenght) dan Peluang (Opportunity) atau Strength Opportunity (SO). Kemudian dilakukan perhitungan AHP dari strategi SO1, SO2 dan SO3 menghasilkan prioritas strategi pemasaran yang pertama dengan bobot paling tinggi yaitu meningkatkan dan menjaga kualitas agar konsumen semakin yakin pada produk yang dibeli dengan bobot 5,172. Kedua yaitu memanfaatkan adanya media sosial untuk promosi dan penjualan dengan bobot sebesar 4,817. Ketiga adalah semakin mempererat hubungan baik dengan penyuplai bahan baku agar bisa mendapatkan bahan baku dengan kualitas bagus sehingga garam beryodium yang diproduksi tetap terjaga kualitasnya dengan bobot 4,680. Kata Kunci : AHP, SWOT, UD. Ndan Ndut Ria

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:33
Last Modified: 16 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31773

Actions (login required)

View Item View Item