PERAN LEMBAGA PEMBIAYAAN PT. BFI FINANCE CABANG SEMARANG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN TRANSPORTASI MASYARAKAT (Studi Kasus di PT. BFI Finance Cabang Semarang)

Pujiharto, Abdul’Aziz (2023) PERAN LEMBAGA PEMBIAYAAN PT. BFI FINANCE CABANG SEMARANG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN TRANSPORTASI MASYARAKAT (Studi Kasus di PT. BFI Finance Cabang Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000016_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)

Abstract

Penggunaan lembaga Leasing sebagai lembaga pembiayaan yang relatif masih belum lama, ternyata dalam dunia usaha nampaknya cukup menunjukkan perkembangan yang menggembirakan Tetapi dalam prakteknya penggunaan jasa Leasing sering terjadi permasalahan yang antara lessor dan lesse, sehingga mengakibatkan barang modal tersebut diambil kembali oleh lessor tanpa ada tuntutan melalui peradilan perdata. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu Peran Lembaga Pembiayaan PT. BFI Finance Cabang Semarang Dalam Memenuhi Kebutuhan Transportasi Masyarakat yaitu sangat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi bukan hanya mampu meningkatkan keuntungan tapi bisa mempertahankan usaha para konsumennya yang meminjam uangnya di lembaga pembiayaan. Selain itu, lembaga pembiayaan menjadi sumber dana yang beragam selain dari lembaga keuangan. membantu perekonomian masyarakat Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pelaksanaan pembiayaan kredit yang dilakukan oleh perusahaan Leasing PT. BFI Finance Cabang Semarang terhadap konsumennya yaitu pembiayaan kredit di PT BFI Finance Cabang Semarang tidak semata-mata langsung didapatkan oleh nasabah, melainkan ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh nasabah dan harus melengkapi persyaratan yang diberikan. PT BFI Finance Cabang Semarang perlu informasi dan data penerima kredit sebagai syarat mendapatkan kredit. Permohonan Kredit yang ada di PT BFI Finance Cabang Semarang sangat jelas bahwa kepercayaan Kreditor adalah kunci utama untuk melakukan kredit. Kendala internal meliputi permainan data atau manipulasi data oleh Credit Marketing Officer (CMO) Kendala eksternal biasanya masalah yang terjadi adalah munculnya kenakalan dari pihak lessee. Adapun kenakalan tersebut meliputi penggelapan unit atau penjualan unit. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala internal dan kendala eksternal sebagai berikut Faktor internal, strategi komunikasi, counseling dan coaching, trainning. Faktor eksternal, Upaya memberikan Surat Peringatan (SP) ke-1, Surat Peringatan (SP) ke-2, dan Surat Peringatan (SP) ke-3, Apabila upaya itu tidak diindahkan maka menurut UU Fidusia PT. BFI Finance berhak melakukan penarikan unit. Kata Kunci : Lembaga Pembiayaan, Perjanjian, Transportasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:33
Last Modified: 16 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31772

Actions (login required)

View Item View Item