PENGEMBANGAN APLIKASI MATHEMATICS MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Rohmah, Ristiyana Nor (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI MATHEMATICS MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900025_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Mathematics Mobile Learning merupakan suatu aplikasi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi siswa khususnya pada materi statistika. Pengembangan aplikasi ini didasari pada permasalahan literasi numerasi siswa tergolong rendah dan siswa kesulitan dalam mempelajari materi statistika, sehingga pembelajaran matematika dinilai siswa sebagai pelajaran yang membosankan. Padahal materi statistika merupakan salah satu materi yang krusial dan sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Mathematics Mobile Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan literasi numerasi siswa pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah kelas X-1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi angket lembar validasi, angket respon guru dan siswa, angket kemandirian, dan tes literasi numerasi. Analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan dari hasil validasi ahli media dan ahli materi, uji kepraktisan dari hasil angket respon guru dan siswa, dan uji keefektifan dari ketuntasan klasikal dan uji pengaruh kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi Mathematics Mobile Learning memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Namun, hal tersebut tidak terlepas dari beberapa saran untuk dilakukan revisi produk dari media pembelajaran Aplikasi Mathematics Mobile Learning tersebut. Aplikasi Mathematics Mobile Learning mendapatkan nilai validitas sebesar 95% dengan kategori sangat valid dari validator ahli media dan sebesar 82,5% dengan kategori sangat valid dari validator ahli materi. Untuk hasil dari kepraktisan media sebesar 92% dengan kategori sangat praktis dari angket respon guru dan sebesar 85% dengan kategori sangat praktis dari angket respon siswa. Untuk hasil keefektifan, media aplikasi Mathematics Mobile Learning memenuhi batas ketuntasan klasikal dan terdapat pengaruh kemandirian belajar, sehingga media pembelajaran efektif digunakan pada uji lapangan yang dilakukan oleh siswa kelas X-1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Kata Kunci : Mathematics Mobile Learning, Literasi Numerasi, Statistika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:42
Last Modified: 18 Oct 2023 01:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31771

Actions (login required)

View Item View Item