ANALISIS MITIGASI PADA RANTAI PASOK ADAS KORO-KORO DENGAN PENDEKATAN HOUSE OF RISK (HOR) (Studi Kasus di UKM LUMAZA Pekalongan)

PARAMITA, WINDA OFISKA (2023) ANALISIS MITIGASI PADA RANTAI PASOK ADAS KORO-KORO DENGAN PENDEKATAN HOUSE OF RISK (HOR) (Studi Kasus di UKM LUMAZA Pekalongan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601368_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601368_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pada setiap perusahaan pasti memiliki alur rantai pasok masing-masing untuk mengoptimalkan produksi yang mereka lakukan agar mendapatkan hasil produksi yang layak untuk digunakan oleh khalayak umum. UKM LUMAZA sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang industri makanan yang terletak di Kota Pekalongan. Terkadang UKM LUMAZA itu sendiri mengalami beberapa risiko yang terjadi saat akan melaksanakan kegiatan rantai pasok tersebut. Resiko itu terjadi atas ketidak direncanakannya kegagalan dari rantai pasok itu sendiri. UKM LUMAZA pun selalu mencoba dan berupaya agar resiko yang terjadi berkurang walaupun terkadang risiko itu sendiri tetap terulang terus menerus. Salah satu resiko yang pernah terjadi adalah bahan baku yang digunakan berbeda dengan bahan baku yang biasa digunakan, akibat supplier yang biasa digunakan mengalami stok habis. Oleh karena itu, diperlukan metode HOR untuk menyelesaikan risiko itu sendiri dengan metode dan menemukan hasil identifikasi 19 kejadian risiko dan 12 agen risiko. Dari 12 agen risiko diprioritaskan 4 kejadian risiko berdasarkan nilai terbesar dari HOR fase 1. Lalu ditentukan tindakan mitigasi pada HOR fase 2 didapatkan 6 strategi yaitu, 1) Melakukan pembuatan jadwal pengiriman dengan hasil perhitungan HOR sebesar 756, 2) Melakukan penambahan stock bahan baku dengan hasil perhitungan HOR sebesar 675, 3) Melakukan inspeksi lebih ketat sebelum produk dikirim dengan hasil perhitungan HOR sebesar 648, 4) Melakukan penambahan kurir pengiriman dengan hasil perhitungan HOR sebesar 567, 5) Melakukan jadwal rencana produksi dengan hasil perhitungan HOR sebesar 444, dan 6) Melakukan penambahan saran pengiriman dengan hasil perhitungan HOR sebesar 151.2. Kata kunci : Mitigasi, FMEA, House of Risk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:40
Last Modified: 18 Oct 2023 01:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31768

Actions (login required)

View Item View Item