TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI JEPARA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR PERKARA 14/PID.SUS- ANAK/2022/PN.JPA)

Safitri, Lina Ernia (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI JEPARA (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR PERKARA 14/PID.SUS- ANAK/2022/PN.JPA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900495_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900495_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Anak merupakan penerus bangsa, yang perlu dibimbing sebab pada usia tersebut anak masih labil dan sering melanggar norma hukum yang berlaku. Seperti pada Studi Kasus Putusan Nomor Perkara 14/Pid.Sus-Anak/2022.Pn/Jpa), seorang anak melakukan tindak pidana yang mengakibatkan pembunuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor seorang anak pada kasus melakukan tindak pidana yang mengakibatkan pembunuhan, dasar pertimbangan hakim dalam memberikan hukuman, serta kendala hakim dalam menjatuhkan pidana kepada terdakwa anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan. Jenis penelitian ini adalah yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer, yang diperoleh secara langsung dari narasumber melalui wawancara. Kemudian data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer yang diambil dari peraturan perundang-undangan, bahan hukum sekunder yakni hasil penelitian, buku literatur, karya tulis ilmiah, serta bahan hukum terseier yang terdiri dari jurnal ilmiah dan internet. Hasil penelitian menunjukkan pada Studi Kasus Putusan Nomor Perkara 14/Pid.Sus-Anak/2022.Pn/Jpa terdapat dua faktor yakni faktor internal (kurangnya wawasan pengetahuan hukum, kurangnya pengetahuan pendidikan agama, kurangnya moralitas anak, pengaruh psikologis), faktor eksternal (perkembangan zaman, kurangnya pengawasan orangtua, minimnya pengetahuan tentang penggunaan teknologi). Hal yang menjadi pertimbangan hakim dalam memberikan putusan dilihat dari faktor yuridis dan non yuridis. Kendala hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Jepara, yaitu anak tidak mengakui perbuatannya, terdakwa berbelit-belit dalam memberikan keterangan, hakim merasa dilematis saat menjatuhkan putusan terhadap kasus tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh anak, terbatasnya hakim anak, tidak tersediannya sarana dan prasarana Kata kunci: Anak, Tindak Pidana, Pembunuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:37
Last Modified: 18 Oct 2023 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31764

Actions (login required)

View Item View Item