PEMANFAATAN LIMBAH KAYU JATI MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI TAMBAH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (STUDI KASUS UD. KARYA JATI)

NAFIQOH, UBAID (2023) PEMANFAATAN LIMBAH KAYU JATI MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI TAMBAH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (STUDI KASUS UD. KARYA JATI). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601359_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601359_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)

Abstract

UD. Karya Jati merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang mebel berbahan kayu jati yang berada di kec.Margorejo Kab. Pati. Adapun produk dari UD. Karya Jati berupa kusen, pintu, plafon, gebyok, almari, kursi, meja dan lain – lain. Rata-rata setiap bulan perusahaan ini menghabiskan bahan baku untuk produksi sekitar 3 m kayu jati dan terpakai secara optimal sekitar 90% Hingga kini jumlah kayu sisa yang ada sekitar 5 meter kubik berupa serbuk gergaji, potongan kayu kecil, pinggiran log kayu dan kayu cacat. UD. Karya jati untuk saat ini berencana membuat produk dari bahan baku sisa produksi berlatar belakang Home decoration khususnya interior karena selain berhubungan dengan produk utama yaitu furniture dan konstruksi juga karena desain interior seiring waktu akan terus berkembang. Adapun produk yang akan diproduksi berupa lampu hias karena merupakan pendukung elemen penting dalam desain interior yaitu pencahayaan karena tanpa adanya pencahayaan desain interior tidak bisa dinikmati. Adapun kendala dalam pemanfaatan limbah kayu jati menjadi produk lampu hias adalah menentukan prioritas atribut pembentuk produk berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Metode Quality Function Deployment digunakan untuk menentukan atribut pembentuk produk berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hasil penelitian ini berdasarkan pengolahan data bahwa produk lampu hias didapat (VOC) Voice of customer seprti, Bahan ramah lingkungan, Bahan awet, Aman digunakan, Desain portabel, Harga terjangkau, Desain simple, Hemat energi, Bisa digantung, Terdapat pengatur cerah redup, Desain klasik, Bisa ditempel. VOC yang telah didapatkan nantinya akan diterjemahkan kedalam voice of engineering sebagai hasil dari keinginan dan kebutuhan customer terhadap atribut membentuk produk lampu hias yaitu material limbah Kayu Jati, terdapat Wall Hook, dimensi 15x15x40cm serta Dimmer switch. diharapkan desain produk bisa direalisasikan guna mengurangi kapasitas limbah yang ada. Kata Kunci : Lampu Hias, Limbah Kayu, QFD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:36
Last Modified: 18 Oct 2023 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31763

Actions (login required)

View Item View Item