PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

FITRIANI, NISA AMALIA (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900022_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif Lectora Inspire didasari pada permasalahan kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah siswa yang tergolong rendah, dan siswa kesulitan dalam mempelajari materi aritmatika sosial, sehingga pembelajaran matematika dinilai siswa sebagai pelajaran yang membosankan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif Lectora Inspire pada pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah kelas VII SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamat Jepara. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Borg & Gall, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; dan (6) uji coba produk (kelompok kecil). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi angket lembar validasi, angket respon guru dan siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan dari hasil validasi ahli media dan ahli materi, uji kepraktisan dari hasil angket respon guru dan siswa, dan uji keefektifan dari ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif Lectora Inspire pada pembelajaran matematika memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia interaktif Lectora Inspire pada pembelajaran matematika mendapatkan nilai validitas sebesar 89% dengan kategori sangat valid dari validator ahli media dan sebesar 77% dengan kategori valid dari validator ahli materi. Kepraktisan media sebesar 82% dengan kategori sangat praktis dari angket respon guru dan sebesar 94% dengan kategori sangat praktis dari angket respon siswa. Keefektifan, multimedia interaktif Lectora Inspire pada pembelajaran matematika memenuhi batas ketuntasan klasikal dengan persentase 89%, sehingga multimedia interaktif Lectora Inspire pada pembelajaran matematika efektif digunakan pada uji lapangan yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamat Jepara. Kata kunci: Lectora Inspire, Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:36
Last Modified: 18 Oct 2023 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31762

Actions (login required)

View Item View Item