PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (STUDI KASUS PADA BENGKEL UD. BERKAH BUDI MOBIL DI KOTA SEMARANG)

SUHARTONO, SUHARTONO (2023) PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (STUDI KASUS PADA BENGKEL UD. BERKAH BUDI MOBIL DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601355_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601355_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan (excellence) yang diharapkan dan pengendalian atas keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan mengindentifikasi kepentinggan dan kenyataan pelanggan. Pengukuran kepuasan pelanggan dilakukan dengan kuesioner kepada 35 responden untuk mengetahui nilai kepentinggan dan nilai kenyataan jasa yang diterima pelangan atau SERVICE QUALITY. Berkah Budi Mobil merupakan bengkel yang bergerak di bidang otomotif terutama pada pembaruan cat dan perbaikan body mobil. Berkah Budi Mobil saat ini sedang dihadapkan dengan permasalahan jumlah konsumen yang bersifat fluktuatif. Sehingga perlu dilakukan penelitian kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan untuk mengetahui atribut apa saja yang diprioritaskan pelanggan untuk segera dilakukan perbaikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas pelayanan yang diberikan Bengkel Berkah Budi Mobil dengan menggunakan metode Service Quality (Servqual). Pengukuran kepuasan pelanggan dilakukan terhadap lima dimensi jasa yaitu Tangible, Responsinevess, Reliability, Assurance dan Empathy. Dalam penelitian yang menggunakan metode Service Quality (Servqual), terdapat 5 atribut yang menempati variable Bukti Fisik / Tangible yang bernilai 0,86. Selanjutnya pada variableKeandalan / Reliability terdapat 4 atribut yang bernilai 0,57. pada variable Daya Tanggap / Responsiveness terdapat 5 atribut yang bernilai 0,77. pada variable Jaminan / Assurance terdapat 5 atribut yang bernilai 0,587. pada variable Empati / Emphaty terdapat 4 atribut yang bernilai 0,59. Dari gap tersebut dikelompokkan menjadi empat kuadran berdasarkan prioritas perbaikan dengan menggunakan diagram IPA (Importance performance analysys). Kata Kunci : Diagram IPA, Kepuasan pelanggan, Kualitas Pelayanan, Servqual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:30
Last Modified: 16 Oct 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31758

Actions (login required)

View Item View Item