Fedora, Mutiara Petrina (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI NUMERASI BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Text
Pendidikan Matematika_34201900020_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Matematika_34201900020_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki bentuk kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab siswa kelas VIII melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum berdasarkan teori Newman. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling dan snowball terdiri atas 6 siswa dengan kualifikasi masing-masing 2 dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil analisis data menggunakan teori analisis kesalahan Newman, diperoleh bentuk kesalahan siswa paling banyak melakukan kesalahan pada tahap transformation error, dimana siswa tidak dapat menentukan rumus yang digunakan, siswa belum mampu mengubah informasi yang diminta menjadi model matematika, dan siswa melakukan operasi sederhana yang tidak sesuai kosep dengan informasi serta data yang ada. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam transformasi jawaban sebab siswa tidak terbiasa menggunakan rumus saat mengerjakan soal matematika, belum mampu menentukan rumus yang akan digunakan atau bingung untuk mengubah informasi menjadi kalimat matematika, tidak menguasai materi dan mengingat rumus, dan siswa lebih memilih menggunakan caranya sendiri yang dianggap lebih mudah. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Asesmen Kompetensi Minimum, Teori Newman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 06:29 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 06:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31757 |
Actions (login required)
View Item |