PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MENJAUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN AKIBAT PERKARA HUTANG PIUTANG (STUDI PUTUSAN NOMOR 31/PID.B/2018/PN UNR)

Fakturrobby, Yaklaib’na Sinna (2023) PERTIMBANGAN MAJELIS HAKIM DALAM MENJAUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN AKIBAT PERKARA HUTANG PIUTANG (STUDI PUTUSAN NOMOR 31/PID.B/2018/PN UNR). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900430_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900430_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)

Abstract

Kejahatan berupa pembunuhan yang dialami manusia dari waktu ke waktu, bahkan sejak Adam-Hawa kejahatan sudah tercipta, maka dari itulah kejahatan merupakan persoalan yang tak henti-hentinya untuk diperbincangkan. Oleh karena itu kejahatan pembunuhan merupakan tindak pidana materiil karena akibat yang muncul dari perbuatan tersebut yang dilarang, akibatnya yaitu hilangnya nyawa seseorang. Dalam rumusan Pasal 339 KUHP tersebut “menghilangkan nyawa” orang lain dengan pemberatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Yuridis sosiologis. Pendekatan ini mengacu pada metode mendeskripsikan deskripsi data yang mana dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Penulis akan membahas apa saja bagaimana dasar pemidanaan hakim dalam memutuskan tindak pidana pembunuhan, serta dasar dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hakim dalam menjatuhkan vonis pidana tentunya didasari oleh pertimbangan yang dibuat berdasarkan fakta hukum yang diperoleh dari pemeriksaan dan pembuktian di dalam persidangan dan Hakim dalam memidanakan pelaku tindak pidana memuat unsur – unsur yang harus dipenuhi sesuai dengan KUHP serta Undang – Undang Kekuasaan Kehakiman. Kata Kunci : Pemidanaan Hakim, Sanksi Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:06
Last Modified: 16 Oct 2023 04:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31754

Actions (login required)

View Item View Item