USULAN PERBAIKAN UNTUK CACAT PRODUKSI PAKAIAN PIYAMA DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) (Studi Kasus CV. Maffy Id Collection)

SUWARTO, RACHMA ISNA NUGRAHENY (2023) USULAN PERBAIKAN UNTUK CACAT PRODUKSI PAKAIAN PIYAMA DENGAN METODE QUALITY CONTROL CIRCLE (QCC) (Studi Kasus CV. Maffy Id Collection). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601340_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601340_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)

Abstract

V. Maffy Id Collection adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri konveksi pakaian wanita yang terletak di Dusun Lorog RT 03 RW 06, Desa Lerep, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang dan mulai berdiri pada Bulan Juli tahun 2020. CV. Maffy Id Collection menerima pesanan grosir dan ecer pembuatan pakaian berupa daster, piyama, one set, dan lain-lain. Pengendalian kualitas produk yang telah dilakukan oleh CV. Maffy Id Collection mengalami beberapa kendala di bagian proses produksi, yang mengakibatkan adanya produk cacat dan melebihi batas toleransi yang telah ditetapkan oleh perusahaan yaitu sebesar 5%, yaitu produk pakaian piyama. Cacat produksi selama enam bulan (Juli 2022-Desember 2022) untuk pakaian piyama sebanyak 5.288 pcs dari jumlah total produksi 74.340 pcs dengan persentase 7,11%. Cacat yang paling dominan terjadi adalah kain yang berlubang, jahitan tidak rapi, jahitan tidak kuat, serta cacat pada motif kain. Pada penelitian ini, metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas cacat pada produk pakaian piyama adalah Quality Control Circle (QCC) yang digunakan untuk menganalisa penyebab cacat dominan pada produk pakaian piyama yang ada pada CV. Maffy Id Collection menggunakan diagram fishbone dan why-why analysis sehingga dapat ditentukan usulan perbaikan yang harus dilakukan untuk meminimalkan jumlah cacat produk Dari hasil pengolahan data dan analisa didapatkan penyebab dominan terjadinya cacat produk pakaian piyama yaitu faktor manusia dan material serta beberapa usulan perbaikan adalah dengan melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas kipas angin, ventilasi serta ruang istirahat, pemberian pelatihan untuk para pekerja agar lebih terampil, sosialisasi SOP perusahaan, penataan lantai produksi, perawatan mesin secara berkala, penambahan pekerja untuk sortir bahan baku serta pekerja untuk kebersihan lantai produksi, dan pemberian usul kepada pihak supplier bahan baku agar dapat meningkatkan kualitas produksi benang dan kain. Kata Kunci : Cacat Produk, Quality Control Circle, Pengendalian Kualitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:05
Last Modified: 16 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31752

Actions (login required)

View Item View Item