PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH MAHASISWA SENIOR POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG TERHADAP YUNIORNYA (Studi kasus perkara Nomor 17/Pid.B/2022/PN Smg.)

Chandrayudha, Paksi (2023) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH MAHASISWA SENIOR POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG TERHADAP YUNIORNYA (Studi kasus perkara Nomor 17/Pid.B/2022/PN Smg.). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301900400_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301900400_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus penganiayaan yang kita jumpai di lingkungan kampus terutama dalam sekolah kedinasan. Senioritas menjadi hal yang mendasari tindak pidana penganiayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penegakan hukum tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh mahasiswa senior Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang terhadap yuniornya dalam perkara No. 17/Pid.B/2022/PN Smg. dan hambatan-hambatan selama persidangan. Penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri Semarang. Dalam penelitan ini penulis menggunakan metode yuridis sosiologis yaitu menekankan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Penegakan hukum tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh mahasiswa senior Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang terhadap yuniornya dalam perkara No. 17/Pid.B/2022/PN Smg. sudah sesuai dengan diterapkannya Pasal 170 ayat 2 KUHP dan Pasal 170 ayat 1 KUHP. (2) Dalam persidangan terdapat hambatan-hambatan seperti koneksi internet yang buruk dan audio sering terputus dikarenakan persidangan ini diadakan via online karena dampak dari pandemi virus Covid-19 dan mengharuskan pengadilan untuk menyediakan peralatan yang canggih untuk mendukung jalannya persidangan. Kata Kunci : Penganiayaan; Penegakan Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:00
Last Modified: 16 Oct 2023 04:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31748

Actions (login required)

View Item View Item