USULAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN KRITERIA PRIORITAS MARKETING MIX DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALLING (MDS) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI UD.BUBUHAN)

RUMI, NADIA ILANA (2023) USULAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN KRITERIA PRIORITAS MARKETING MIX DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALLING (MDS) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI UD.BUBUHAN). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601329_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601329_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

UD.Bubuhan merupakan tempat penjualan alat rumah tangga di Nanga Bulik kabupaten Lamandau Kalimantan tengah, memiliki strategi pemasaran berupa promosi word of mouth. Namun, seiringnya waktu srategi pemasaran tidak diperbarui sesuai kondisi konsumen sehingga UD.Bubuhan mengalami penurunan penjualan. Agar UD.Bubuhan mengalami kenaikan penjualan disaranakan untuk memperbaiki strategi pemasaran sebelumnya. Alternatif staretgi pemasaran UD bubuhan berdasarkan atribut, atribut yang digunakan yaitu marketing mix berupa produk, harga, promosi, tempat, SDM, proses dan bukti fisik. Metode yang digunakan adalah MDS (Multidimensionalscalling) berfungsi untuk membuat peta persepsi konsumen sehingga didapatkan atribut unggul UD.Bubuhan. kemudian ada AHP digunakan untuk melakukan pemilihan penentuan prioritas kriteria strategi pemasaran yg terbaik untuk UD.Bubuhan. Hasil yang didapat dari pengolahan dengan MDS diperoleh Peta persepsi yang menunjukan UD.Bubuhan memiliki keunggulan dalam atribut produk dan bukti fisik. Hasil dari metode AHP yaitu bobot akhir harga terjangkau dengan bobot 0,29, promosi dimedia sosial bobot 0,14, lokasi strategis 0,08. Usulan strategi pemasaran pada harga terjangkau, UD.Bubuhan akan memberi pilihan lebih banyak dalam bentuk harga, dimana dalam satu jenis produk memiliki harga dari yang termurah sampai harga temahal. Pada atribut lokasi diberikan usulan, lokasi strategis memiliki peran yang penting dalam suatu usaha, sehingga lokasi strategis dapat ditentukan jika suatu saat UD.Bubuhan berencana pindah atau memiliki cabang baru karena lokasi strategi berguna mendatangkan banyak konsumen Pada atribut promosi diberikan usulan, Dari hasil kuesioner mayoritas konsumen UD.Bubuhan adalah seorang ibu rumahtangga. Sehingga pada promosi dimedia sosial akan dilakukan pada platform facebook hal ini dikarenakan banyak ibu – ibu yang menggunakan platform tersebut sebagai wadah berkeluh kesah sehingga akan dimanfaatkan media promosi UD.Bubuhan Kata kunci : strategi pemasaran,marketing mix,MDS,AHP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:59
Last Modified: 16 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31747

Actions (login required)

View Item View Item