ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN MIN-MAX PADA CV. PANCA GEMILANG

AHMADI, MUHAMMAD ALI (2023) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN MIN-MAX PADA CV. PANCA GEMILANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Teknik Industri_31601601320_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601601320_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

CV. Panca Gemilang merupakan perusahaan yang melakukan pemesanan biji plastik yang digunakan sebagai bahan baku dalam kegiatan perdagangannya, dan memerlukan suatu perencanaan persediaan bahan baku yang paling ekonomis. Persediaan bahan baku merupakan salah satu faktor yang penting dalam aktivitas bisnis CV. Panca Gemilang. Namun selama ini perusahaan seringkali mengalami kekurangan persediaan dan juga mengalami kelebihan persediaan. Dengan adanya kekurangan persediaan, maka perusahaan tidak dapat memperoleh keuntungan yang maksimal untuk penjualan. Sedangkan jika persediaan mengalami kelebihan, perusahaan akan mengeluarkan biaya yang lebih akibat banyaknya jumlah bahan baku yang disimpan dan biaya operasional yang ditimbulkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan perencanaan persediaan dengan pendekatan menggunakan metode peramalan permintaan yang tepat dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Min-Max. Dengan menggunakan metode Weight Moving Average untuk peramalan biji plastik murni HD, Additive Decomposition untuk biji plastik murni PP, Single Eksponential Smoothing untuk biji plastik pelet HD dan metode peramalan Weight Moving Average untuk peramalan biji plastik pelet PP. EOQ ini dapat menurunkan biaya yang ditimbulkan dari pemesanan barang dari pemasok, mulai dari biaya pemesanan dan biaya penyimpanan. Jika dibandingakan dengan kebijakan perusahaan sebelumnya, memiliki selisih total biaya persediaan sebesar Rp. 50.700.000,00, sedangkan jika dengan metide Min-Max memiliki selisih biaya persediaan sebesar 49.952.528,66. Dengan demikian, penggunaan metode EOQ dan Min-Max mampu menurunkan atau menghemat biaya yang ditimbulkan dari adanya pengadaan persediaan produk bahan baku dan dapat menambah keuntungan bagi perusahaan. Kata Kunci : Pengendalian persediaan, Peramalan, EOQ, Min-Max, ROP, safety stock.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:59
Last Modified: 16 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31746

Actions (login required)

View Item View Item