PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

ANUGRAHENI, MEYRITA SYNDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900016_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran interaktif Articulate Storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Articulate Storyline merupakan media pembelajaran matematika dengan tujuan untuk meningkatkan kemamapuan berpikir kritis. Berdasarkan dengan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik bahwasanya peserta didik mengalami kesulitan menyelesaikan permasalahan terkait kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan validasi (ahli media, ahli materi, guru matematika) analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan produk. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi angket lembar validasi, angket respon peserta didik dan guru, angket motivasi, dan tes kemampuan berpikir kritis. Pada penelitian ini berdasarkan pengumpulan data dan juga informasi dilapangan bahwa media pembeajaran menggunakan Articulate Storyline memenuhi kriteria valid, praktis, dan juga efektif untuk digunakan. Namun, hal ini tidak terlepas dari beberapa saran untuk dilakukan revisi produk Articulate Storyline tersebut. Media pembelajaran Articulate Storyline mendapat nilai validitas sebesar 91% (sangat valid), mendapat nilai respon tingkat kepraktisan dari guru sebesar 75% (praktis), dari peserta didik sebesar 77,5%(sangat praktis), keefektifan juga memperoleh ketuntasan lebih dari 75% digunakan pada uji lapangan yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIIID SMP Negeri 1 Keling. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Kemampuan Berpikir Kritis, teorema phytagoras, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:56
Last Modified: 16 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31744

Actions (login required)

View Item View Item