ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF

Mufarrikhah, Lu'luul (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900014_fullpdf.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Literasi matematika memiliki peran penting untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa belum terbiasa menghadapi soal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Setiap siswa memiliki cara memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Keberhasilan pembelajaran matematika dapat ditentukan oleh kemampuan gaya kognitif siswa sebagai penerima pengetahuan matematika. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Al-Irsyad Gajah berjumlah 28 siswa. Pengambilan subjek menggunakan cara Purposive Sampling. Data penelitian yang diperoleh berupa data tes tertulis dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes literasi, tes MFFT, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa reflektif mampu memahami soal dengan merumuskan masalah terlebih dahulu dengan cara siswa menuliskan kembali hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, menerapkan konsep matematika dengan cara memasukkan rumus yang sesuai, mampu mengevaluasi hasil yang diperoleh. Sedangkan kemampuan literasi matematika siswa impulsif mampu memahami soal dengan cara merumuskan masalah dengan menggunakan simbol, menerapkan konsep nyata tetapi tidak sesuai dengan perintah soal karena siswa tidak menuliskan simbol ataupun rumus yang dimaksud dan juga belum mampu mengevaluasi hasil yang diperoleh. Kata kunci: literasi matematika, gaya kognitif reflektif dan impulsif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:52
Last Modified: 16 Oct 2023 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31741

Actions (login required)

View Item View Item