PENGARUH SOSIALISASI, TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PENERAPAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN SAK EMKM (Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Semarang)

Mahardani H, Salsabiil Citra (2023) PENGARUH SOSIALISASI, TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PENERAPAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN SAK EMKM (Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi_31401800157_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800157_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)

Abstract

Standar akuntansi SAK EMKM dirancang sedemikian rupa untuk memperingkas pelaporan keuangan para pengusaha UMKM. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Sosialisasi, Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi dan Penerapan Akuntansi Terhadap Penggunaan SAK EMKM (Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Semarang)” bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialsiasi, tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi dan penerapan akuntansi terhadap penggunaan SAK EMKM pada UMKM di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel responden atau para pelaku UMKM di Kota Semarang. Data yang diperoleh pada penelitian ini berasal dari kuesioner yang disebarkan kepada responden dan data penelitian ini diolah mengunakan aplikasi SPSS dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji kelayakan model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi, tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi dan penerapan akuntansi berpengaruh positif terhadap penggunaan SAK EMKM pada UMKM di Kota Semarang. Kata Kunci : Sosialisasi, Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Penerapan Akuntansi, SAK EMKM, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:47
Last Modified: 16 Oct 2023 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31737

Actions (login required)

View Item View Item