ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V BERDASARKAN TAHAPAN POLYA

Ni’am, Fatkhun (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V BERDASARKAN TAHAPAN POLYA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900012_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34201900012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah polya pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes kepada 22 peserta didik kelas V SD Negeri Harjowinangun 1 Demak dan wawancara yang dilakukan terhadap 6 siswa dengan kualifikasi masing-masing 2 dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Semua subjek pada kategori atas dan sedang mampu menunjukkan tahapan memahami masalah (understanding the problem) dan tidak semua subjek dalam kategori bawah mampu menunjukkan tahapan memahami masalah. Subjek pada kategori rendah tidak melakukan tahapan devising a plan dan tidak semua subjek pada kategori sedang melakukan devising a plan. Subjek dengan kategori bawah tidak melakukan tahap carrying out the plan dan tidak semua subjek dengan kategori sedang melakukan tahap carrying out the plan dengan tepat. Mayoritas subjek tidak melakukan tahapan looking back karena subjek meyakini bahwa jawabannya sudah tepat. Kata Kunci: Tahapan Polya, Soal Cerita, Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:45
Last Modified: 16 Oct 2023 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31736

Actions (login required)

View Item View Item